Translate

Tuesday, May 22, 2012

Gereja Yang Berdampak Bagi Kota

 Perlu kita sadari bahwa gereja adalah bagian dari kota yang ada di dalam sebuah provinsi dari suatu negara. Sebelum mengulas tentang gereja yang berdampak bagi kota, kita perlu mengetahui definisi kota dan gereja yang sesungguhnya. Menurut Wikipedia, Kota merupakan kawasan pemukiman yang secara fisik ditunjukkan oleh kumpulan rumah-rumah yang mendominasi tata ruangnya dan memiliki berbagai fasilitas untuk mendukung kehidupan warganya secara mandiri. Pengertian kota sebagaimana yang diterapkan di Indonesia mencakup pengertian “town” dan “city” (dalam bahasa inggris). Selain itu kota juga merupakan satuan administrasi Negara dibawah provinsi. Sedangkan, menurut kamus besar Bahasa Indonesia “kota” adalah daerah permukiman yang terdiri atas bangunan rumah yang merupakan kesatuan tempat tinggal dari berbagai lapisan masyarakat.

Posisi gereja berada didalam kota yang terdiri dari beragam lapisan masyarakat. Gereja tidak berdiri sendiri, namun berada dalam sebuah tatanan pemerintahan suatu kota atau suatu negara. Seharusnya focus gereja bukan hanya kepada jiwa-jiwa saja, tetapi gereja juga harus mengusahakan kesejahteraan kota dimana mereka ditempatkan (Yer 29:7) dan gereja harus memberikan dampak yang positif, sehingga dapat berdampak bagi kota hingga bangsa.
Untuk bisa memberikan dampak yang positif bagi kota maka ada hal yang harus dimiliki oleh sebuah gereja diantaranya  adalah :

No comments: