Translate

Tuesday, May 22, 2012

Peran Gereja Dalam Kota

Gereja City Harvest di singapore yang berdampak bagi kota
Kata “gereja” atau “jemaat” dalam bahasa Yunani adalah “ekklesia” dari kata “kaleo” artinyaaku memanggil/memerintahkan. Secara umum “ekklesia” diartikan sebagai perkumpulan orang-orang. Tetapi dalam konteks perjanjian baru kata ini mengandung arti khusus, yaitu pertemuan orang-orang pengikut Kristus sebagai jemaat untuk menyembah kepada Kristus. Sedangkan pengertian gereja secara theologies “ekklesia” adalah tubuh Kristus (Ep. 1:22-23). Dapat disimpulkan bahwa gereja bukan hanya berbicara tentang gedung atau suatu organisasi, tetapi gereja adalah organism orang percaya (pribadi orang percaya). Jadi, yang harus menjadi dampak bagi kota bukanlah gedung atau bangunan gereja dan bukan juga organisasinya, tetapi pribadi-pribadi orang percaya yang ada dalam gereja.
Menurut paradigm lama, gereja adalah “am” atau kudus, sehingga sebagian orang menafsirkan bahwa gereja tidak boleh berhubungan dengan hal-hal dalam dunia ini. Gereja menjadi eklusive, memisahkan diri dan tidak memberikan dampak sama sekali bagi lingkungan, kota dan bangsa. Namun, pada hari-hari terakhir ini, gereja (pribadi orang percaya) harus mengutus orang-orang kudusnya untuk terjun dalam 7 bidang ini (Keluarga, Gereja – Kerohanian, Pendidikan, Pemerintah dan Politik, Media Seni Hiburan dan Olahraga, Perdagangan – Ilmu Pengetahuan dan Teknologi), oleh sebab itu gereja harus siap dan tanggap untuk mengutus orang-orang yang diperlengkapi dengan nilai-nilai kerajaan Allah kedalam dunia ini untuk menjadi garam dan terang dunia. Gereja juga harus terbuka, dinamis, dialogis pada situasi perkembangan dimasyarakat dengan sikap yang positif, kritis, kreatif dan realities untuk memberikan dampak yang besar bagi dunia ini. (Rom 1:14; 12:1-2; 1 Kor 9:19-23).
Gereja harus menanamkan nilai-nilai kerajaan diseluruh bidang yang ada dalam dunia ini. Di dalam injil Matius 6:10 “Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti disorga.” Ayat ini menegaskan agar hidup kita dapat menghadirkan kerajaan Allah didalam seluruh aspek yang ada dalam dunia ini. Tugas  siapakah ini? Jelas ini adalah tugas dari gereja. Kalau bukan tugas gereja, siapakah yang akan menghadirkan kerajaan Allah bagi dunia ini. Sebab, gereja adalah duta Allah dan gereja juga merupakan perpanjangan tangan Tuhan.

No comments: