Translate

Tuesday, May 22, 2012

Peranan Roh Kudus Dalam Gereja

Asal mula gereja adalah dari amanat agung yang diberikan oleh Tuhan Yesus Kristus kepada para murid sebelum naik kesorga (Mat. 28:19-20). Hasil dari ketaatan murid-murid menjalankan amanat agung adalah melahirkan gereja/jemaat di Yerusalem, Yudea, Samaria dan juga berbagai tempat di dunia (ujung-ujung dunia). Pada zaman para rasul gereja berkembang dengan pesat dan gereja berdampak bagi kota, sehingga banyak wilayah/kota yang dimenangkan. Apakah saat ini gereja sudah berdampak bagi kota? Apakah gereja hanya sibuk dengan urusan rumah tangganya masing-masing? Sudah waktunya bagi gereja Tuhan untuk bergandengan tangan dan mengutus orang-orang kudusnya untuk terjun dalam lingkungan, kota hingga bangsa.
Gereja atau pribadi orang percaya tidak dapat bergerak sendiri untuk memberkati sebuah kota, gereja memerlukan peran Roh Kudus. Hal ini terlihat didalam hidup dan karya pelayanan gereja mula-mula yang memperlihatkan peranan Roh Kudus yang begitu besar. Pada kitab Kisah Para Rasul, para murid Kristus begitu bersemangat dan dengan penuh keyakinan berani memberitakan bahwa Yesus adalahTuhan. Sebagai contoh adalah seorang murid Yesus yang bernama “Simon Petrus” ia adalah seorang yang penakut dan hidupnya pernah menyangkal Tuhan Yesus Kristus. Namun, ketika ia dipenuhi oleh Roh Kudus kehidupannya berubah menjadi seseorang yang luar biasa. Alkitab mencatat bahwa ketika Ia menyampaikan kabar baik (kebenaran) dalam waktu singkat 3.000 orang diselamatkan. Ketika gereja Tuhan berani menanamkan nilai-nilai kerajaan Allah dilingkungan kita berada, maka Roh Kudus akan memampukan kita untuk memberkati lingkungan, kota hingga bangsa melalui keberadaan kita. Tidak ada yang mustahil bagi gereja Tuhan untuk dapat berdampak bagi lingkungan, jika Roh Kudus berkuasa dalam hidupnya. Roh Kudus sanggup mengubahkan lingkungan yang kacau menjadi tertib, yang penuh kejahatan menjadi damai sejahtera dan menjamah serta mengubahkan dunia ini menjadi lebih baik.
Roh Kudus bias memberikan kita keberanian untuk hidup dalam kebenaran, member jalan keluar atas setiap masalah dan pergumulan, dan Roh Kudus jugalah yang memampukan kita untuk dapat memanifestasikan kuasa Tuhan di dalam lingkungan kita, sebab ada tertulis “ Tetapi Kamu akan menerima kuasa, kalau roh kudus turun atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiku di-Yerusalem dan diseluruh Yudea dan Samaria dan sampai keujung bumi” (K.P.Rasul 1:8). Dapatkah semua orang yang percaya kepada Tuhan menjadi dampak bagi kota? Yoel 2:28-29 mengatakan: “kemudian daripada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku keatas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapatkan mimpi, teruna-terunamu akan mendapatkan penglihatan-penglihatan. Juga keatas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan kucurahkan Roh-Ku hari itu.” Setiap orang percaya (baik orang tua,anak-anak dan semua generasi) akan dipakai oleh Tuhan dengan luar biasa karena Roh Kudus dicurahkan ke atas umat-Nya.
Karunia Roh Kudus akan memampukan kita untuk melakukan apa yang menjadi kehendak Tuhan bagi gereja-Nya. Di dalam injil Yohannes 3:34 “Siapa yang diutus Allah, dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya denga tidak terbatas”. Dan perlu kita sadari bahwa kita dapat memberkati kota ini, sebab Tuhan Telah mengaruniakan Roh Kudus – yaitu Roh yang penuh kuasa kepada gereja-Nya.

No comments: